TAIWAN!!!

Hey!! Apa kabar teman teman bloggerku. Sudah lama sekali (lagi) aku tidak mengupdate isi blogku, bahkan aku sudah jarang untuk menuliskan kisah perjalananku disini haha. Ini semua karena aku sibuk dengan hal lain yang menurutku lebih asik daripada menulis #plak

 

Aku sungguh kangen semua teman teman blogger. Sudah jarang sekali berkomunikasi dengan yang lain-lain. Sekali lagi aku mengucapkan Halo!!

Apa kabar kalian?? Aku harap semuanya baik baik saja. Sukses untuk yang mulai sibuk sepertiku juga. Haha. Iya, tahun ini aku mulai kuliah semester pertama.

Biasa, pertanyaan orang-orang, “kamu kuliah dimana?” “ambil jurusan apa?” “kalau lulus mau kerja jadi apa?” “sudah punya pacar belom?” .eh

Aku ceritain satu satu aja deh ya kali hehe. Aku kuliah di Taiwan, tepatnya di Taoyuan (bukan di Taipeinya) karena kampusku di Zhongli. Di universitas Chien Hsin Science and Technology.

Kamu ambil jurusan apa?

Aku ambil jurusan perhotelan. Iya wkwk jauh jauh cuma ambil perhotelan, tapi menurutku jurusan ini yang paling aku minatin daripada jurusan yang lain hehe. Mulai dari Food and Beverages Service sampai makingnya sampai ngerapiin ruangan, laundry, marketing, dan lain lain. Aku suka semua! Emang awalnya keliatan gampang, tapi sebenernya agak susah. Harus bisa ini itu banyak banget hueee. Tapi kalau suka pasti semuanya akan terasa nyenengin.

Wih buset jauh jauh, kenapa ga di indonesia aja?

Sebenernya waktu kecil impianku itu kuliah diluar negri. Dari smp udah nyari nyari beasiswa kuliah diluar negri hahah 😦 ketemu sih waktu sma juga. Sampai udah baca semua syarat syaratnya dan beasiswanya. Tapi ya emang ribet banget sih. Aku dulu pengennya di Korea tapi keberuntunganku ada di Taiwan.. jadi yahh yaudah, yang penting diluar negri :’D

Kuliahnya pakai bahasa mandarin?

Enggak! Pakai bahasa inggris. Dan satu kelas itu isinya orang Indonesia semua. Kita belajar bareng dan jadi satu kelas sebagai Mahasiswa Internasional. Jadi keseharian kita ya seperti di Indonesia :’D nggak jauh beda karena di asrama (iya kita disediakan asrama) juga isinya satu bangsa semua. Jadi.. rasanya sama seperti saat di Indonesia.

Beasiswa? Apa bayar sendiri?

Beasiswa untungnya. Tapi kalau aku beasiswanya jadi sistemnya aku disini nanti kuliah sekaligus kerja. Untuk kerjanya sendiri apa aku belum tahu. Tapi di awal aku harus bayar 7 juta untuk uang mengurus Pasport, Medical Check Up, Visa, dan lain lain. Untuk dua bulan pertama masih dapat makan siang dan malam. Bentuk makanannya? Pientang. Semacam nasi box gitu. Tapi setelah sehabis kerja, Pientang akan diberhentikan dan mulai makan dengan uang hasil kerja sendiri. Aku dengar-dengar, gaji disini sekitar 140NT/jam (kalau dirupiahkan sekitar Rp 70.000/jam). Lumayan? Iya, banget. Tapi uang hasil kerja itu bukan untuk kita langsung semua tapi untuk melunasi biaya kuliah yang terhitung cukup mahal disini.

 

Jadi begitulah. Aku sudah berada sekitar dua bulan disini. Merasa homesick? Belum terlalu sih, tapi aku merasa hidupku agak nyaman disini karena kita hidup di asrama dimana satu kamar berisikan empat orang. Sementara hidupku sebelumnya di Indonesia aku sering merasa kesepian karena tidak punya teman untuk pergi bareng. Teman-temanku kebanyakan langsung mengambil kuliah dan ada sebagian besar yang kerja. Jadi yah.. aku sering di rumah seharian. Tidak melakukan apapun haha.

Kenapa aku nggak kerja? Weits jangan salah. Aku udah kerja sebelum aku pergi ke Taiwan ini. Awalnya aku kerja pada bulan July. Tapi hanya bertahan sampai setengah bulan karena jadwal dan gaji yang rinciannya kurang begitu jelas. Aku kerja di sebuah Resto sebagai waitress. Namun aku tidak terlalu suka dengan sistem jadwal yang begitu padat. Ada berbagai macam shift dan menurutku kerjaku lebih dari 8 jam sehari. Apalagi aku merasa aku mendapat istirahat yang cukup minim. Itu membuatku.. agak gimana gitu sama pekerjaanku. Teman-teman sepekerjaanku juga kebanyakan mengundurkan diri karena gaji yang kurang sesuai.

Akhirnya aku keluar dengan terpaksa karena aku mengeluh pada mamaku (haha, ini jangan dicontoh). Aku nggak betah dengan kerjaanku yang harus terus-menerus berdiri. Sesampainya dirumah lututku serasa bergetar dan badanku menjadi agak dingin. Aku memang tidak pandai dalam mengajak bicara para customer tapi menurutku pekerjaanku sudah baik di mata atasan hehe. Aku mengundurkan diri dengan mendadak dan mungkin.. yah banyak yang tidak menyukai kelakuanku. Karena sebenarnya tidak boleh langsung mengundurkan diri seperti itu karena dianggap tidak sopan. Maafkan aku. Sungguh aku sangat menyesal.

 

Tapi akhirnya here I am now. Aku tidak mengecewakan atau membuat malu orang tuaku lebih lagi. I’ll do the best buat kuliahku supaya mereka yang membiayaiku disini tidak kecewa dengan keadaanku empat tahun lagi dan seterusnya. Aku juga mau membuktikan pada yang lain bahwa aku bukanlah aku yang dulu. Aku sudah berubah dan aku tidak akan melakukan hal yang tidak sopan lagi.

 

Hmm.. aku tidak tahu lagi apa yang harus ku tuliskan. Tapi yah.. have a nice day semua! Maaf aku memang jarang menyentuh wordpressku lagi hehe. Karena yah.. sibuk dengan hal lain.

 

Zaijian!

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s